Cara Menentukan Perbedaan Facebook dan Facebook Lite, Mana yang Lebih Baik!

Cara Menentukan Perbedaan Facebook dan Facebook Lite, Mana yang Lebih Baik!
Cara Menentukan Perbedaan Facebook dan Facebook Lite, Mana yang Lebih Baik!

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite, tentu menjadi perhatian para pengguna media sosial yang satu ini.

Facebook hadir untuk para pengguna bisa mengaksesnya secara luas, meskipun berada di pelosok yang sulit untuk dijangkau oleh sinyal.

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite perlu sobat ketahui juga. Sebab, ada beberapa aplikasi yang tersedia dalam dua versi ini, yaitu versi asli dan versi lebih ringan atau lite.

Facebook Lite hanya memiliki ruang penyimpanan sebesar 10 MB saja. Sedangkan Facebook biasa bisa lebih dari 200 MB. Jadi Facebook Lite cocok bagi perangkat dengan ruang penyimpanan rendah, yaa

Versi lite berguna bagi kalian yang tidak memiliki ruang penyimpanan ponsel yang cukup untuk menjalankan aplikasi Facebook.

Jadi, tak hanya dapat mengurangi ruang penyimpanan pada ponsel. Versi Lite juga bisa mengurangi penggunaan data. Yang mana, hal ini disebabkan oleh beberapa fiturnya dikurangi.

Nah, kali ini saya akan memberikan ulasan mengenai perbedaan Facebook dan Facebook Lite. Simak baik-baik ya!

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite

Facebook saat ini semakin berkembang seiring berjalannya waktu, salah satunya dengan menghadirkan layanan media sosial versi yang lebih ringan.

Facebook telah mengeluarkan versi lite-nya yang berguna untuk semakin menjangkau banyak kalangan. Jadi, apa sih perbedaan antara Facebook asli dengan versi lite. Berikut pembahasannya:

Ukuran file Aplikasi

Secara spesifik Facebook Lite merupakan aplikasi yang dikhususkan para pengguna yang menggunakan ponsel dengan spesifikasi perangkat yang lebih kecil.

Facebook Lite memiliki ukuran yang cukup kecil yaitu ukuran yang kurang dari 10 MB saja. Sedangkan aplikasi Facebook yang versi biasa memiliki ukuran file lebih dari 200 MB.

Oleh karena itu, ponsel yang tidak mempunyai spesifikasi tinggi tetap bisa untuk menggunakan Facebook dengan mengakses Facebook Lite saja.

Memiliki Tampilan Sederhana

Facebook versi Lite memiliki tampilan yang cukup sederhana. Tampilan antarmuka atau UI pada versi Lite, didesain khusus agar bisa berjalan untuk seluruh perangkat dengan berbagai macam spesifikasinya.

Versi lite juga memiliki keterbatasan dalam hal efek dan animasi, sehingga ponsel dengan spesifikasi rendah tetap bisa menggunakannya secara lancar.

Fitur yang Diberikan

Fitur yang disediakan pada Facebook biasa lebih lengkap apabila dibandingkan dengan Facebook Lite yang hanya menyediakan fitur utama dari Facebook.

Layanannya pun cukup terbatas pada Facebook Lite yang sederhana dan berbeda cukup jauh dari Facebook biasanya.

Foto dan Video

Kemudian perbedaan Facebook dan Facebook Lite selanjutnya yang bisa dilihat kita lihat yaitu dari foto dan video. Facebook akan menampilkan foto dan video secara otomatis, tetapi hal ini berbeda dengan Facebook Lite.

Facebook Lite memiliki fitur tersendiri yang bisa menampilkan foto atau video berukuran lebih kecil dari ukuran aslinya dengan menurunkan sedikit kualitasnya.

Walaupun secara visual foto atau video yang ditampilkan akan memiliki kualitas yang rendah. Tapi karena fitur ini juga sobat bisa menghemat kuota yang sobat punya

Kelebihan dan Kekurangan Facebook Lite

Berikut kelebihan dan kekurangan Facebook Lite:

1. Kelebihan Facebook Lite

  • Hemat kuota
  • Hemat ruang penyimpanan
  • Tampilan sederhana
  • Dapat digunakan pada android versi lama.

2. Kekurangan Facebook Lite

  • Fitur tidak lengkap
  • Kualitas gambar rendah
  • Tidak bisa load otomatis

Facebook biasa menampilkan pratinjau gambar atau video. Sedangkan Facebook Lite sebaliknya, ia tak menampilkan pratinjau gambar atau video di halaman beranda secara otomatis.

Kesimpulan

Secara keseluruhan fitur yang ditawarkan terbilang tak jauh berbeda, Facebook dan Facebook Lite memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Tergantung keperluan sobat juga. Facebook Lite bisa disebut juga sebagai aplikasi Facebook dalam versi mini.

Perbedaan Facebook dan Facebook Lite tidak hanya dilihat dari segi fiturnya saja. Tetapi, perbedaannya juga dapat kita dikenali dari ukuran, foto, video,hingga minimal spesifikasi dari perangkat yang kamu gunakan.

Demikian yang bisa saya rangkum mengenai perbedaan Facebook dan Facebook lite, semoga membantu dan bermanfaat bagi sobat sekalian.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url