Cara Membuat Facebook Ads dengan Mudah dan Cepat!

Cara Membuat Facebook Ads dengan Mudah dan Cepat!
Cara Membuat Facebook Ads dengan Mudah dan Cepat!

Di zaman modern seperti sekarang ini, promosi melalui media sosial dianggap lebih efektif sebab bisa menjangkau lebih banyak orang.

Banyak dari pengusaha atau pebisnis, baik offline maupun online, menerapkan digital marketing dengan tujuan agar iklan tersebut dapat dilihat masyarakat dari berbagai kalangan dalam waktu bersamaan.

Facebook Ads dikenal juga sebagai Meta Ads, sebuah platform dari Facebook untuk memasang iklan berbayar di jejaring sosial.

Kemudian, untuk mempromosikan suatu produk lewat Facebook Ads banyak diminati oleh para pemilik bisnis karena memiliki jangkauan cukup luas. Sebab mencakup placement di Facebook, Instagram, Messenger, hingga Audience Network.

Nah, kali saya akan menjelaskan secara mudah bagaimana cara membuat facebook ads serta berapa biaya facebook ads yang diperlukan untuk membuatnya. Simak ulasannya berikut ya!

Cara Membuat Facebook Ads

Sebelum kalian memahami bagaimana cara membuat iklan, kalian juga perlu tahu nih 3 (tiga) elemen penting yang ada dalam Facebook Ads sebagai berikut.

Tiga Elemen Facebook Ads:

  1. Campaign, dasar dari struktur Facebook Ads yang berisi objective/tujuan dan budget.
  2. Ads sets atau Set Iklan yaitu bagian-bagian kecil dari campaign yang masing-masing berisi karakteristik audiens, seperti minat, perilaku, usia, gender, device yang mereka pakai, dan lain sebagainya.
  3. Ads atau Iklan, nah ini merupakan tempat di mana aset (baik gambar atau video) yang tampil di hadapan audiens kita.

Langkah-langkah dalam Membuat Facebook Ads

Dalam beriklan menggunakan Facebook Ads, ada beberapa langkah terstruktur dalam bagaimana cara membuat facebook ads yang dapat kamu lakukan agar bisa menghasilkan setting iklan yang bagus, berikut langkah-langkahnya:

  • Buatlah Halaman Facebook dan Facebook Ads Manager
  • Kemudian lengkapi informasi akun Ads Manager sobat
  • Lalu pilih objective
  • Tentukan budget/anggaran yang diinginkan
  • Definisikan audiens dan penempatan iklan
  • Setelah itu unggah ads
  • Terakhir lihatlah status dan laporan performa dari iklan tersebut.

Berikut penjelasan singkat bagaimana cara membuat facebook ads dengan mudah dan cepat yang telah berikut, simak ya!

1. Membuat Halaman

Pertama-tama buatlah halaman Facebook bisnis, kalian bisa langsung membuatnnya melalui Facebook Ads Manager atau Business Manager untuk mulai mengatur iklan.

Akun bisnis dapat memiliki lebih dari 1 akun iklan di Facebook. Nah, ketika akun iklan kena banned facebook, kalian masih punya cadangannya. 1 profil facebook bisa punya maksimal 2 akun business manager.

2. Login Facebook Ads Manager

Setelah memiliki halaman, kemudian login ke facebook ads. Setelahnya, iklan bisa dikelola dengan facebook ads manager secara mendalam melalui klik meta business suite dan login.

3. Pilih Objektif Iklan

Saat memulai membuat iklan pada facebook ads, hal pertama yang harus dipilih adalah objektif iklan. objektif iklan merupakan sasaran yang ingin dicapai oleh iklan.

4. Tentukan Budget atau Anggaran

Dalam memilih anggaran di facebook, menjadi tahap yang sangat penting. Sebab, untuk menjalankan sebuah iklan kalian harus membayar sekian rupiah agar iklan tersebut selalu tayang.

Berapa Biaya Facebook Ads?

Harga dari iklan di Facebook Ads bagi sebagian orang terasa mahal. Namun, jika dibandingkan dengan iklan konvensional seperti baliho dan halaman koran.

Harganya jauh lebih terjangkau pada iklan di facebook ads ditambah jangkauannya lebih luas karena daring.

Opsi yang paling nyaman dan aman bagi sobat adalah memilih pembayaran melalui harian saja, sehingga dapat selalu memantau perkembangan iklan yang sobat pasang.

Facebook sendiri tidak membatasi biaya FB Ads untuk beriklan, yang pasti kalian dapat beriklan di Facebook Ads hanya dengan Rp 10.000/hari.

5. Tentukan Pemirsa serta penempatan iklan

Di tahap ini tentukan audience iklan sesuai dengan identitas orang yang cocok dengan produk sobat. Jadi, nantinya iklan tersebut lebih mudah untuk memilih calon konsumen.

Kemudian menentukan format Ads. karena iklan dalam Facebook Ads memiliki format yang bervariatif, sebagai berikut:

  • Single image or video (gambar atau video satuan)
  • Carousel (2 gambar/video yang bisa digeser)
  • Collection (menampilkan beberapa item yang dibuka secara penuh pada ponsel).

6. Media untuk Beriklan

Pada tahap akan diberikan pilihan apa saja media yang dapat digunakan.

Nantinya media yang dipilih ini membantu bisnis sobat memasang iklan pada berbagai macam tipe media seperti: overlay pada reels, instagram stories, feeds, hingga search result.

7. Pembayaran Iklan

Kemudian yang terakhir dalam membuat iklan Facebook Ads adalah proses pembayaran. Tinggal klik saja billing pada bagian layar berlogo koin di menu Meta Business Suite.

Disana nantinya akan terdapat beberapa opsi pembayaran yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan proses beriklan di Facebook Ads Manager alias Meta Business Suite.

Nah, mungkin itu saja yang dapat saya rangkum bagi kalian tentang bagaimana cara membuat facebook ads serta berapa biaya facebook ads yang diperlukan untuk membuat facebook ads. Selamat mencoba ya!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url