Berapa Ukuran Sampul Fb dan Foto Profil Facebook?

Ukuran Sampul FB
Berapa Ukuran Sampul Fb dan Foto Profil Facebook?

Facebook sekarang ini telah menjadi aplikasi sosial media dengan pengguna terbesar di dunia. Ada banyak cara agar kamu trelihat menarik dilihat media sosial salah satunya menggunakan foto profil dan foto  sampul yang menarik.

Namun meskipun banyak nya yang sudah mengunakan aplikasi facebook ini, tak jarang masih ada saja pengguna yang tidak tau ukuran atau resolosi foto.

Media sosial seperti Facebook, Twitter dan Pinterest, akan sangat sulit untuk bisa menggunakan dimensi gambar yang tepat untuk setiap jaringan.

Semua layout sudah diformat terlebih sedemikian rupa agar ukuran optimal untuk setiap jaringan, itu artinya ukuran sampul fb dan gambar foto profil akan selalu terlihat bagus tanpa format gambar yang rumit.

Saat ingin meng-upload foto sampul, profil atau postingan di facebook, tentunya ada ketentuan dan ukurannya tersendiri. Kalau ukuran dan resolusinya tidak sesuai maka sangat di sayangkan foto profil kamu jelek dan tidak menarik di lihat.

Nah, ketentuannya ini boleh kamu ikuti atau tidak, itu terserah kalian. Tapi, jika ingin mendapatkan hasil upload yang bagus, tentunya harus mengikuti ketentuan tersebut.

Tujuannya apa? Tentu saja agar hasil foto yang kamu upload tidak terdistorsi ketika diresize otomatis oleh sistem facebook nantinya.

Kali ini saya akan memberikan tips dalam memilih dan menentukan ukuran sampul fb dan foto profil serta cara menambahkan dan juga cara menghapus foto sampul di fb.yuk ikuti langkah-langkah berikut:

Ukuran Sampul Fb

Ukuran sampul FB

Saat upload foto sampul dengan ukuran yang tidak sesuai, Facebook secara otomatis akan melakukan cropping atau melakukan resize gambar, sehingga hasilnya tidak maksimal

Dikutip dari pusat bantuan pada facebook untuk ukuran foto sampul fb atau ukuran banner facebook serta ukuran foto profil sebagai berikut:

Foto sampul

  • Rata kiri dengan bleed penuh dan memiliki rasio aspek 16:9.
  • Ambil gambar dengan ukuran setidaknya 400 piksel dan tinggi 150 piksel.
  • Gunakan file dengan ekstensi sRGB JPG yang berukuran lebar 851 piksel, tinggi 315 piksel, dan kurang dari 100 kilobyte (kb).

Ukuran Foto Profil Facebook

Foto profil

  • Untuk ukuran foto profil berukuran 176x176 piksel pada halaman anda di komputer, sedangkan 196x196 piksel jika di smartphone, dan 36x36 piksel di sebagian besar ponsel.
  • Dan nantinya akan dipotong menjadi bentuk lingkaran.

Jika sobat ingin memperoleh hasil foto yang lebih bagus saat diposting, baik untuk foto profil maupun foto sampul dengan logo atau teks, sobat bisa menggunakan file PNG.

Sisi kiri foto sampul akan ditutupi sebagian oleh foto profil dan bisa saja terpotong dan diubah ukurannya agar menyesuaikan dengan layar yang berbeda-beda.

Biasanya ukuran banner facebook pada umumnya adalah 820 x 312 piksel di desktop, sedangkan di perangkat bergerak, ukuran standarnya adalah 640 x 360 piksel.

Tapi, perlu di ingat bahwa facebook akan meregangkan foto agar sesuai dengan dimensinya jika ukurannya dirasa belum tepat.

Foto Sampul Facebook Dapat Berupa Video Atau Gif?

Jawabannya bisa! Sebab, sekarang ini foto sampul video fb telah menjadi alat pemasaran yang populer untuk merek selama beberapa tahun terakhir.

Karena video memiliki audio dan animasi ataupun video tanpa suara seperti GIF yang sama halnya video. Jadi, kalian memiliki banyak kebebasan kreatif dalam mendesain foto sampul facebook yang bagus.

Cara Menambahkan Foto Sampul Facebook

Berikut cara menambahkan foto sampul

  • Klik di kanan atas facebook, kemudian klik nama.
  • Setelah itu klik di kanan bawah foto sampul.
  • Upload foto untuk mengunggah foto dari perangkat kalian atau pilih dari album facebook kalian
  • Letakkan saja foto untuk disesuaikan
  • Terakhir klik tetapkan sebagai foto sampul.

Cara Menghapus Foto Sampul di Fb

Berikut cara menghapus foto sampul

  • Klik pada foto sampul yang ingin dihapus
  • Pilih icon titik tiga yang berada di pojok kanan atas layar untuk membuka pengaturan tentang foto yang telah dipilih
  • Pilih menu, dan hapus foto
  • Selesai

Demikian yang dapat saya berikan untuk teman sekalian, silahkan dipraktekkan dan semoga berhasil serta jangan lupa juga di share jika bermanfaat, terima kasih!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url